Mengabadikan Golok Betawi kedalam selembar kain Batik

batik cap motif Golok Betawi koleksi Batik Seraci



Golok adalah senjata tradisional betawi yang sering digunakan sebagai alat/senjata bela diri, sehingga golok menjadi senjata pusaka yang diwariskan secara turun temurun. para lelaki atau jawara betawi menempatkan Golok sebagai senjata sakral yang tidak boleh di perlihatkan atau di pamerkan apalagi main-mainkan di depan umum. ungkapan populer di masyarakat betawi “bukan lelaki betawi namanya kalau tidak memiliki golok”.

oleh masyarakat Betawi golok sendiri di bagi menjadi dua jenis, yaitu Golok Gablongan dan Golok Sorenan. dimana Golok Gablongan atau biasa juga di sebut Bendo atau Golok dapur digunakan untuk keperluan sehari hari seperti memotong kayu, dan menebang pohon. sementara Golok Sorenan digunakan sewaktu waktu dan diluar keperluan harian. Golok Sorenan dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu Golok Sorenan Simpenan digunakan khusus untuk nyembelih hewan, dan Golok Sorenan Pinggang yang di selip ke pinggang digunakan untuk bela diri atau bertarung.

Nah, sebagai bentuk kepedulian kami terhadap pelestarian Budaya Betawi, kami mengabadikan Golok kedalam bentuk kain batik dengan motif golok seperti gambar diatas. atau dengan kalimat lain "mengabadikan Senjata Golok sekaligus melestarikan Batik"

maka terjadilah pelestarian budaya dengan cara simbiosis mutualisme. melalui kain batik motif Golok Betawi ini kami berharap seni dan budaya Indonesia khususnya Budaya Betawi tetap terjaga.

Salam Budaya
www.batikbetawi.com














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tahap pembuatan batik

Batik cap motif Mangrove